Perlu e-book?? ke Gigapedia aja!!

Haus akan informasi untuk kita yang hidup dijaman serba techno saat ini pastinya selalu keturutan. Gak perlu mahal-mahal cukup punya koneksi internet. Dan Gigapedia (http://gigapedia.com) pun bisa dijadikan andalan tuk memenuhi kebutuhan itu.

Gigapedia merupakan gudang informasi tuk mendapatkan berbagai e-book. Melalui Gigapedia kita bisa menemukan link-link e-book untuk bisa didownload GRATIS!!

Bagaimana legalitas-nya jika kita Download dari Gigapedia?. Sekali lagi, Gigapedia bukan ’tempat’ penyimpan e-book dimana kita bisa mendownload darinya, tetapi Gigapedia menyimpan link-link informasi di mana e-book2 itu di simpan. Link-link ini umumnya merujuk ke file hoster macam RapidShare, iFile.it, FileFactory. Download merupakan tanggung jawab masing-masing pen-download.

Format e-book yang umum dijumpai dari link-link Gigapedia adalah: PDF, DJVU (dejavu) dan Html.

Bagaimana caranya bisa download e-book2 itu?

  1. Lakukan registrasi alias buat account di Gigapedia (free).
  2. Pastikan sebelumnya anda memiliki akun email di google (@gmail.com or @googlemail.com)
  3. Login (isi user name dan password, dan CAPTCHA – kata sandi acak). Yang buat ribet ini mengisi ‘captcha’ karena kadang kata-kata yang tergambar susah dibaca. Mengatasinya ganti kata yang mudah dengan menekan tombol ‘get new chalenge’

    captcha

    captcha

  4. Lakukan pencarian melalui combo-box, pilih gigapedia, isi kata kunci lalu tekan tombol ‘search’

    search

    search

  5. Dari dari daftar hasil pencarian, klik salah satu judul buku yang dikehendaki.
  6. Setelah itu klik tab ‘Links’.

    links

    links

  7. Download e-book dari dari link-link yang tersedia (RapidShare, iFile.it, FileFactory dll), saran:
    • Pilih yang dari iFile.it, kenapa? Bisa langsung dan cepat didownload tidak bertele-tele dibanding yang lain. Untuk RapidShare jika tidak mempunyai akun ‘Premium’ (berbayar) alias pake akun yang free downloadnya dibatasi waktu. Petama harus menunggu sekian detik untuk siap download, setelah berhasil download untuk download berikutnya wajib tunggu waktu jeda 15 menit. Jadi gak bisa download terus-terusan dalam waktu cepat.

      link to download

      link to download

    • Selain PDF, bisa juga pilih file format DJVU. Format ini lebih compact (ukurannya lebih kecil) dibanding PDF. Untuk membacanya bisa menggunakan DJVU reader semacam ‘STDU Viewer’. STDU Viewer gratis bisa didownload dari http://www.stdutility.com/
    • Pilih yang tidak ber-password (biar mudah saja).
    • Bila belum punya gambaran ebook apa yang akan dicari, baiknya coba dulu cari-cari infonya ke http://www.amazon.com kategori buku (books). Dari amazon.com akan di dapat keterangan umum tentang buku spt: ringkasan, daftar isi, atau pendapat tentang buku tersebut dari para pembacanya (reviewer).
  8. Selamat Mencoba!!….eeeit sebentar-sebentar, kalau bosan ke Gigapedia bisa coba alternatif  lain  EBOOKEE, ini alamatnya http://www.ebookee.com/

About laju gandharum

Lahir besar di Jakarta - Depok.

Posted on June 9, 2009, in ICT, Web and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Situs Gigapedia sudah dipindahkan alamatnya ke http://library.nu/ sejak Desember 2010.

    User interface website-nya agak berbeda. Masih terus dikembangkan. Langkah download ebook-nya lebih singkat. File hasil donwload di kompres dalam format *.7z, file ini bisa dibuka menggunakan 7-zip File Manager yg bs digunakan gratis.

    Pengalaman saya, sy mesti daftar ulang untuk bisa login ke alamat ini (user dan password lama di gigapedia.org/com tidak bisa digunakan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: