Salah ‘Nyebut’ Sekala

Dunia dijital dalam pemetaan memang memudahkan, tapi bisa juga akhirnya mengabaikan kaidah-kaidah pemetaan dan analisisnya.

Dulu dunia pemetaan, jaman masih konvensional, umumnya ditekuni oleh orang-orang yang bergerak di dunia ‘geo science’ tapi dengan perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi hingga akhir-nya muncul GIS , semua orang bisa memanfaatkannya dengan mudah. Karena pendekatan spasial melalui teknlogi komputer ini bisa menjawab kebutuhan di berbagai lini.

Saking mudahnya hal2 prinsip diabaikan atau kaidahnya terabaikan.

Hal yang sederhana, masih sering didengar orang bilang sekala 1:5000 itu sekala kecil, sedang sekala 1:1000.000 sekala yang lebih besar. Kalau dilihat dari angkanya memang begitu 5.000 lebih kecil dari 1.000.000. Tapi perlu diingat bahwa yang tercatat adalah perbandingan.

Jadi satu berbanding lima ribu hasilnya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan satu berbanding satu juta.

Seyogyanya peta dengan sekala 1:5000 adalah peta sekala BESAR (lebih besar) jika dibandingakan dengan peta 1:1.000.000 ( sekala KECIL )

Judul Peta RBI

Judul Peta RBI

Belum lagi untuk urusan analisis, sederhananya menggunakan teknik overlay. Peta dijital dari berbagai sumber sekala ditumpuk-tumpuk. Misalnya Peta 1:25.000 + Peta 1:50.000 + Peta 1:100.000

Tapi keluaran yang dikejar adalah peta 1:25.000. Jelas hal ini tidak benar. Seyogyanya peta hasil analisis me-refer ke sekala terkecil yakni 1:100.000. Kemudahan memberi warna-warni peta di layar komputer maupun hasil cetak, bisa juga menjadi propaganda terselubung. Menutupi kualitas data hasil analsis yang lemah, peta dibuat indah berwarna-warni. Kalau sudah begini hal2 prinsipil terabaikan…atau diabaikan..

About laju gandharum

Lahir besar di Jakarta - Depok.

Posted on February 20, 2005, in Geography, GIS & RS and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. bentul pak, hal kecil tapi PENTING,
    thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: