Memisahkan Nilai Derajat, Menit, dan Detik Koordinat Hasil Survai GPS

[Ekstraksi beberapa karakter dari kumpulan karakter di MS Access]

Data mentah dalam GIS kadang kala berupa TEXT file. Misalnya saja data dari hasil survai GPS yang karena keterbatasan opsi konversi mau tidak mau datanya hanya bisa dikonversi ke Text file. Data Text file GPS ini utamanya berisi informasi posisi geografis lintang, bujur dan atribut lainnya. Contoh tabel sederhana hasil survai GPS tertera di bawah ini. Contoh ini merupakan hasil impor file survey GPS dalam *.txt ke Tabel di MS Access.

Tabel Survai GPS

Tabel Survai GPS

Di text file tersebut posisi lintang maupun bujur tertulis dalam satuan Derajat, Menit dan Detik yang berada dalam satu kolom. Jika seperti ini, artinya data tersebut tidak bisa langsung diplot ke peta disoftware GIS. Untuk bisa diplot ke peta, kolom lintang dan bujur tersebut harus dirubah ke Decimal Degree (satuan derajat desimal). Misalnya nilai Bujur yang tertulis 1060 30’ 00” mesti ditulis menjadi 106,5 (atau 106.5), nilai tersebut didapat dari perhitungan 106 + (30/60) + (0/3600) = 106.5

Untuk menjadikan kolom Lintang (seperti tertera pada tabel di atas) menjadi bersatuan derajat desimal, maka hal yang perlu dilakukan adalah memisahkan satuan Derajat, Menit, dan Detik yang berada dalam SATU kolom menjadi TIGA kolom. Pemisahan ini bisa dilakukan mudah di MS Access (contoh di sini menggunakan MS Access 2003) dengan melalui perintah LEFT, MID dan RIGHT pada bagian Query Design. Fungsi dari ketiga perintah tersebut pada intinya adalah mengekstrak (mengambil sebagian) karakter dari satu kata ataupun kumpulan kata. Misalnya kata LAJUNG (jumlahnya 6 karakter), dengan menjalankan perintah LEFT(2) maka perintah tersebut akan mengekstrak 2 karakter pertama dari kiri sehingga menghasilkan LA. Sedang Perintah MID untuk mengekstrak karakter yang berada di tengah kumpulan karakter, dan RIGHT di sebelah kanan.

Langkah-langkah pelaksanaan ekstraksi nilai Derajat, Menit dan Detik dari kolom tunggal koordinat lintang dan bujur adalah sebagai berikut.

  1. Buka MS Access, buat blank database baru (*.mdb)
  2. Import file *.txt ke Table, misal menjadi tbl_survai
  3. Buat query baru dengan opsi Design View,
  4. Tambahkan (add) tabel tbl_survai ke desain query yang baru dibuat, lalu drag dan drop masing-masing nama Field dalam list ke kolom pertama hingga ke tiga sehingga tampilannya seperti di bawah ini (abaikan dahulu kolom ke-4 dan setelahnya)

    Query Design

    Query Design

  5. Untuk mengekstrak nilai Derajat lintang,
    1. Klik kanan sel kosong pada baris pertama kolom ke-4, lalu pilih menu ’Build’ , sesaat setelah itu kotak ’Expression Builder’ akan muncul.
    2. Pada kotak ’Expression Builder’ klik ’Functions -> Build-In Functions’ dari daftar pada kolom pertama, lalu pada kolom ke-2 klik ’Text’, dan klik ganda ’Left ’ pada kolom ke-3.
    3. Hasil klik ganda Left akan memunculkan text -> Left («stringexpr», «n») di bagian kotak kosong. Ganti «stringexpr» dengan nama Field yang akan diekstrak, ganti «n» dengan jumlah karakter yang akan diekstrak dari sebelah kiri, sehingga menjadi Lintang_Dr : Left([Lintang],2)
  6. Untuk mengekstrak nilai Menit lintang,
    1. Klik kanan sel kosong pada baris pertama kolom ke-5, lalu pilih menu ’Build’
    2. Mirip dengan langkah sebelumnya, pada kolom ke-4 klik ganda ’Mid’
    3. Hasil klik ganda Mid akan memunculkan text -> Mid («stringexpr», «start», «length») di bagian kotak kosong, dimana «stringexpr» adalah nama Field yang akan diekstrak, «start» adalah karakter kesekian dari kiri sedang «n» adalah jumlah karakter yang akan diekstrak dari karakter kesekian (mengacu pada nilai start).
    4. Ganti Mid («stringexpr», «start», «length») dengan text Lintang_Mn : Mid ([Lintang], 4, 2)
  7. Untuk mengekstrak nilai Detik lintang,
    1. Klik kanan sel kosong pada baris pertama kolom ke-6, lalu pilih menu ’Build’
    2. Mirip dengan langkah sebelumnya, pada kolom ke-3 klik ganda ‘Right’
    3. Hasil klik ganda Mid akan memunculkan text -> Right («stringexpr», «n») di bagian kotak kosong, dimana «stringexpr» adalah nama Field yang akan diekstrak, sedang «n» adalah jumlah karakter yang akan diekstrak dari bagian kanan.
    4. Ganti Right («stringexpr», «n»)  dengan text Lintang_Dt : Right([Lintang],6)
  8. Jadikan 3 kolom di atas (Derajat, Menit, Dtetik) menjadi 1 kolom bersatuan decimal degree,  langkahnya:
    1. Klik kanan sel kosong pada baris pertama kolom ke-7, lalu pilih menu ’Build’
    2. Isi kolom ini dengan text  Lintang_DD : [Lintang_Dr] – ([Lintang_Mn]/60) – ([Lintang_Dt/3600]), sebagai catatan bahwa Nilai negatif ( – ) pada penjumlahan diberikan karena satuan Derajatnya lintangnya negatif,  jika positif beri tanda plus ( + )
  9. Setelah kolom ke-4 hingga ke-7 lengkap terisi, simpan tampilan query design dengan nama ’Query2’ dengan cara menekan tombol ‘Save’.
  10. Tampilkan hasil query design dengan menekan tombol ‘View’ atau bisa melalui menu ‘View’ lalu klik ‘Dataset View’. Hasil tersebut akan nampak seperti di bawah ini.
  11. Lakukan hal yang sama untuk kolom Bujur.
  12. Jika hasil perhitungan sudah benar sehingga memperoleh kolom Lintang dan Bujur dalam satuan decimal degree, simpan hasil Query2 ke dalam sebuah tabel.
    1. Kembalikan tampilan ke Query Design
    2. Pilih menu ’Query’ ->  ’Make-Table query’
    3. Pada kolom kosong, isi nama table dengan nama tbl_survai_DD, lalu klik OK
    4. Melalui menu ‘Query’ klik menu Run, dan OK.
    5. Tabel tbl_survai_DD pun telah terbentuk (muncul pada daftar tabel)
  13. Tabel ini untuk kemudian siap diexport ke format lain (mis: dbf, csv, txt) sebagai inputan software GIS (mis: ArcGIS). Jika menggunakan ArcGIS proses export tidak perlu dilakukan, file *.mdb bisa dipanggil di ArcGIS. Di ArcGIS kolom hasil perhitungan akhir baik Lintang maupun Bujur (dua kolom) ini lah yang menjadi referensi untuk diplot ke peta dengan mengunakan fasilitas add event theme.
About these ads

About laju gandharum

Lahir besar di Jakarta - Depok. Utamanya beraktifitas di Jakarta..

Posted on December 3, 2010, in GIS & RS and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: